Iklan baris (bahasa Inggris: Classified
advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya
ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan
yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih
lengkap dan terperinci dalam bentuk teks.
Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang
perlu diketahui oleh peminatnya. Karena itu biasanya iklan baris hanya memuat
informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja. Biasanya
koran-koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris dilengkapi sekali dengan
laman, nomor telepon, dan sebagainya untuk menambah keberkesanan iklan baris
tersebut.
Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya, iklan
baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. Misalnya, kelompok barang
yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang
dicari. Selanjutnya, barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh:
tanah, rumah, mobil, motor, dll.
Penjual atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau
alamat rumah di mana barang itu dapat dilihat, dibeli, dan diambil.
Karena ukurannya jauh lebih kecil daripada iklan biasa,
iklan baris umumnya lebih murah daripada iklan-iklan lain. Pemuatannya pun jauh
lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi
grafis, sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan baris untuk segera
dimuat dalam penerbitan esok harinya.
Perkembangan teknologi media pada masa kini membuat iklan
baris tidak lagi terbatas pada koran, tetapi juga media lainnya,
seperti internet.
Kebanyakkan Iklan Baris kini lebih di tumpukan pada laman
ataupun blog dengan menggunakan kaedah teknologi baru di laman internet
seperti blogger.com dan juga wordpress.
0 komentar:
Posting Komentar